Sikap Yang Tepat Dalam Menanggapi Perubahan Lingkungan

Pancasila merupakan ideology nasional, dasar Negara, sumber hokum dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Oleh karena itu, utnuk mencapai ketahanan ideology maka diperlukan aplikasi nyata Pancasila secara murni dan konsekuen baik ibjektif maupun subjektif. Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia terdapat dalam alinea IV pembukaan UUD 1945, Pancasila sebagai ideology nasional diatur dalam ketetapan MPR RI NO.: XVIII/MPR/1998. Sikap mahasiswa dapat di impelemnetasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti sebagai berikut :

  1. Pengalaman pancasila sebagai pandangan hidup,dasar Negara, sumber hukum  dan ideologi nasional dijalanakan secara konsisten dari waktu ke waktu agar tercipta jati diri bangsa yang luhur dan dapat menangkal serangan dari dalam dan luar sehingga Indonesia dapat menjadi bangsa yang kuat dan tetap kokoh berdiri.
  2. Semoboyan Bhineka Tunggal Ika dan konsep Wawasan Nusantara bersumber dari Pancasila harus tetap dijaga makna dan dijadikana acuan hidup dalam berbangsa dan bernegara. Hal ini disebabkan karena bangsa Indonesia terdiri dari 277 juta jiwa(tahun 2007) didalam pulau yang terdiri dari 13.667 pulau.
  3. Dalam pengalaman Pancasila diharapkan cita-cita bangsa Indonesia dapat terwujud, selain itu Pancasila diharapkan dapat dijalankan oleh setiap penyelenggara Negara serta setiap lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan serta setiap warga Negara Indonesia. dalam hal ini teladan para pemimpin penyelenggara Negara dan tokoh-tokoh masyarakat merupakan hal yang sangat mendasar.
  4. Pembangunan yang ada di Indonesia merupan salah satu dari pengalaman Pancasila tetapi, seharusnya pembangunan ini harus diimbang dengan pembangunan mental spiritual tidak hanya memperhatikan pada pembangunan fisik material. Selain itu, pembangunan yang diadakan oleh Pemerintah harus merata dan sesuai dengan kepentingan. Hal ini pada dasarnya untuk menghindari kecemburuan social yang ada diIndonesia yang dapat mengahancurkan persatuan dan kesatuan karena mereka merasa pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah hanya terpusat pada satu tempat saja.
  5. Pendidikan Pancasila harus dapat ditanamkan pada anak usia dini, dengan cara mengintegrasikannya pada mata pelajaran yang ada disekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, peran orang tua sangat dibutuhkan dalam memberikan pengajaran(selain pendidikan formal) karena pada dasarnya keluarga merupakan salah satu fasilitator dimana moral anak terbentuk. Selain itu, lingkungan juga sangat banyak memberikan kontribusi terhadap perkembangan jiwa anak sehingga, kita harus dapat menjaga dan menumbuhkan sikap-sikap yang positif dalam masa perkembangan anak-anak karena mereka masih sangat rentan terhadap perkembangan lingkungan…

About yulichulai

love and my parents make my life beatiful...
This entry was posted in umum, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s